translation services

Refleksi Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Yohanes 20:11-18, dengan tema:” Aku telah melihat Tuhan”. Injil Yohanes hari ini mengisahkan tentang pengalaman Maria Magdalena yang pergi ke makam Yesus, dan melihat kubur yang telah kosong. Hati Maria sangat gundah, karena makam tempat Yesus dibaringkan kosong, sehingga ia berpikir negatif, jangan-jangan jenazah Yesus telah diambil orang. Di tempat Yesus dimakamkan ada dua orang malaikat yang berpakaian putih bersih berkata kepada Maria:” Mengapa ibu menangis?”. Jawab Maria:” Tuhanku telah diambil orang, dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan”. Tak lama kemudian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus di situ, tapi Maria tidak tahu bahwa diri-Nya adalah Yesus. Yesus pun menyapanya:” Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?”. Hati Maria yang masih tertutup kesedihan itu bertanya kepada-Nya:” Tuan, jikalau Tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana Tuan meletakkan-Nya, supaya aku dapat mengambil-Nya”. Kata Yesus kepadanya:” Maria”. Maria pun berpaling dan berkata kepada-Nya :” Rabuni!” artinya “Guru”. Kata Yesus kepadanya:” Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa. Pergilah kepada saudara-saudara-Ku, katakan kepada mereka bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapaku dan Bapamu, kepada Allahku dan Allahmu”. Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid:” Aku telah melihat Tuhan”.

Apakah inspirasi dari Tema di atas:” Aku telah melihat Tuhan”?. Pada jaman sekarang statement itu tentu saja akan menjadi olok-olok orang banyak. Mungkinkah orang melihat Tuhan? Tentu saja sulit diterima. Yesus orang Nazaret itu hanyalah seorang manusia, bagaimana mungkin Ia disebut Tuhan. Setelah Ia digantung di salib, kemudian dimakamkan, ya kisahnya sudah selesai. Mengapa orang Kristen melihat Yesus itu sebagai Tuhan? Atas pertanyaan terakhir dapat dijelaskan secara sederhana dapat dijelaskan sbb: Melihat perbuatan dan karya Yesus bukanlah pekerjaan dan perbuatan manusia biasa. Ajaran-Nya sangat bersifat Ilahi. Dalam karya-Nya Ia menyembuhkan banyak orang, angin ribut dijadikan tenang, orang mati dibangkitkan. Di samping itu, sabda-Nya yang penuh kuasa, adalah beberapa hal yang membuktikan bahwa Ia bukan hanya sekedar manusia biasa, tetapi Tuhan yang nyata, Tuhan yang hidup di tengah umat-Nya. Kolose 1:15 menyatakan:” Yesus adalah gambar Allah yang tidak kelihatan. Ia adalah yang tersulung dari segala ciptaan”. Dalam Wahyu 1:8:” Yesus adalah Alpha dan Omega”. Yohanes 13:13 mengatakan:” Katamu benar bahwa Aku adalah Guru dan Tuhan”. Serta banyak lagi tanda-tanda lain bahwa Yesus itu adalah Tuhan”. Oleh karena itu, kata Maria Magdalena bahwa aku telah melihat Tuhan adalah suatu kebenaran, bukan isapan jempol.

Inspirasi lainnya antara lain bahwa orang yang merasa sedih atau menangis tentu sulit berkonsentrasi. Hal itu nyata ketika Maria Magdalena melihat Yesus sebagai tukang kebun. Jadi, hati yang gundah, hati yang sedih, tak mungkin melihat Tuhan dalam kejernihan hati. Dalam dialog terungkap pula bahwa ketika Yesus memanggil nama Maria, Maria terhentak sambil berkata “Rabuni”.

Banyak inspirasi bathin dari bacaan Injil Yohanes hari ini, semoga refleksi singkat ini bermanfaat. Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan