translation services

“Selamat Paskah” kepada seluruh pembaca Kuasa Doa di mana pun berada. Mari tetap bersemangat menyongsong hari esok yang lebih baik. Puji Tuhan, Alleluya, karena Kristus telah bangkit sebagaimana diwartakan oleh para murid sabagai saksi-saksi kebangkitan Kristus.

Kisah Injil Matius (Mat 28:8-15) hari ini mengisahkan tentang kebangkitan Kristus dari makam-Nya. Para perempuan yang datang ke kubur sangat diliputi dua hal yakni rasa takut dan rasa sukacita. Dua hal yang saling bertentangan. Dalam keadaan ketakutan itu, tiba-tiba Yesus menjumpai mereka dan berkata:” Salam bagimu”. Begitu mereka mendengar suara Yesus, mereka pun sujud dan menyembah-Nya. Kemudian Yesus berkata kepada perempuan-perempuan, kata-Nya:” Jangan takut! Pergi dan katakan kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku”.

Ketika mereka masih di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga makam Yesus di kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala. Dan sesudah berunding dengan kaum tua-tua, mereka mengambil keputusan, lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu itu untuk tutup mulut bahwa murid-murid Yesus datang malam-malam dan mencuri jenazah Yesus. Para serdadu menerima uang tutup mulut, dan berita itu tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Inspirasi bathin dari bacaan Injil Matius hari ini antara lain bahwa kebangkitan Kristus membawa sukacita yang luar biasa. Di sisi lain para penjaga dan imam kepala telah bersaksi dusta tentang pengalaman para penjaga yang ketakutan telah melihat malaikat. Para penjaga ini telah disuap untuk berkata bohong tentang kebangkitan Kristus. Memang, para musuh tidak menyangkal bahwa Yesus meninggal dan dimakamkan, tetapi mereka menolak kebangkitan Kristus sebagai penjelasan dari makam yang kosong. Bahkan mereka menyebarluaskan ceritera bohong bahwa tubuh Yesus telah dicuri.

Para murid Yesus adalah saksi-saksi tentang kebangkitan Kristus. Kesaksian ini untuk membuktikan bahwa Kristus yang mengalami kesengsaraan dan wafat dan bangkit pada hari ketiga. Wafat Kristus tidak membawa duka, tetapi membawa kemenangan atas dosa dan maut.

Sementara itu kehadiran Gereja di dunia adalah kepanjangan tangan Kristus. Gereja berkewajiban menjadi saksi -saksi Kristus yang harus diwartakan kepada dunia. Apa yang harus diwartakan? Kabar gembira dan kabar keselamatan itulah yang harus diwartakan kepada dunia bahwa kebangkitan Kristus telah membuka keselamatan bagi banyak orang. Sadar atau tidak, bahwa penolakan Kristus akan terjadi di mana-mana. Oleh karena itu, tugas kita adalah mohon kepada Tuhan untuk membuka hati banyak orang untuk mengimani Yesus sebagai jalan, kebenaran dan hidup (Yoh 14:6). Untuk itu kita juga harus menjadi saksi Kristus di mana pun kita berada.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan