translation services

Renungan Kuasa Doa hari Minggu ini diambil dari bacaan Yohanes 12:20-33, dengan tema:” Aku akan menarik semua orang”. Injil Yohanes ini mengisahkan banyak hal, tapi intinya adalah ketaatan Yesus kepada Bapa-Nya dan ketaatan-Nya sampai mati di kayu salib. Dalam kesempatan ini Yesus juga menegaskan bahwa sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini. Sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar; dan Aku, apabila sudah ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang yang datang kepada-Ku. Sabda Yesus ini menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati”.

Inspirasi batin dari bacaan Injil Yohanes ini dengan “Aku akan menarik semua orang” dimaksudkan bahwa Yesus melalui Gereja-Nya hadir di dunia. Secara fisik memang Yesus tidak kelihatan, Ia sudah mati dan sudah dimuliakan oleh Bapa-Nya, tetapi juga oleh manusia yang percaya kepada-Nya. Ketika Ia mengatakan sekarang juga penguasa dunia akan dilemparkan ke luar, betapa Ia terharu. Sebagai penguasa dunia, tetapi ditolak oleh banyak orang, dan tega menghakimi-Nya tidak dengan jujur. Namun Yesus berjanji apabila Ia sudah ditinggikan dari bumi dalam artian mati di kayu salib dan dimuliakan, Yesus akan menarik semua orang datang kepada-Ku. Walau Yesus mau menarik orang datang kepada-Nya, tidak semuanya tentu mau menerima-Nya. Bahkan mereka memperolokkan-Nya sebagaimana dialami oleh para pengikut-Nya. Tentang hal ini Yesus pernah mengatakan jika kalian dihina atau diolok-olok itu bukan karena kamu, tetapi karena Diri-Ku.

Yesus akan menarik semua orang untuk datang kepada-Nya. Yesus akan menyebar undangan untuk datang kepada-Nya, tetapi tidak semua orang tertarik untuk datang kepada-Nya dengan berbagai alasan. Semuanya karena Allah telah memberikan kehendak bebas kepada manusia untuk menentukan pilihan hidupnya. Mau menerima Yesus dan melaksanakan perintah dan ajaran-Nya akan selamat, sementara yang menolak akan dihukum. Itulah kehendak bebas yang dimiliki oleh setiap orang dalam menentukan pilihan hidupnya. Menerima berqarti selamat, menolak berarti binasa.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari Minggu ini, walau sedikit terlambat, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan