Yesus sebagai Firman Hidup.

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari bacaan Injil Yohanes 20:2-8 dengan thema :” Yesus sebagai Firman Hidup“. Hari ini Gereja juga merayakan pesta orang kudus yakni Santo Yohanes Rasul. Dalam 1 Yohanes 1-4, Yohanes menuliskan pengalaman hidupnya ketika ia berjumpa dengan Tuhan Yesus Kristus sebagai Firman Hidup. Yohanes menuliskan begini:” Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengan dam kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan kami raba dengan tangan yakni Firman Hidup, itulah yang kami tulis untukmu“.

Maksud dan tujuan dari kesaksian Yohanes ini bukan maksudnya untuk berbangga atau bermegah, karena bertatap muka langsung dengan Yesus yang telah bangkit dari kubur-Nya. Dengan penulisan ini, Yohanes bermaksud agar orang yang membaca tidak hanya sekedar percaya tetapi beroleh persekutuan atau kebersamaan dengan Allah sendiri sebagai Firman yang hidup.

Rasul Yohanes
Inspirasi bathin Kuasa Doa hari ini antara lain bahwa Yesus yang mati di salib dimakamkan dan bangkit pada hari ketiga. Oleh karena itu, kita mengimani Yesus yang bangkit, berarti Yesus itu tetap hidup, walau Ia tidak terlihat secara visual. Dengan demikian, Yesus dapat dilihat dan dapat ditemui secara bathiniah. Kesaksian banyak orang tentang perjumpaannya dengan Yesus membuktikan bahwa Yesus sebagai Tuhan tetap eksis hingga hari ini mau pun yang akan datang. Yesus sebagai Firman Hidup terus mencurahkan rahmat-Nya bagi orang berkehendak baik.

Rahmat Tuhan akan terus mengalir kepada mereka yang dengan rendah hati menerimanya, dan rahmat itu juga terhenti bagi mereka yang menolaknya. Namun demikian rahmat itu terus dilimpahkan kepada semua orang baik yang baik mau pun yang jahat seperti halnya hujan untuk orang baik dan jahat atau sinar matahari yang menyinari orang baik mau pun jahat. Oleh karena itu, sebagai orang beriman serta berkehendak baik, mendengarkan Firman Hidup adalah langkah yang tepat untuk terus bersatu dengan Tuhan sendiri. Persatuan dapat direalisasikan melalui doa, pembacaan Firman (Kitab Suci), rekonsiliasi, hidup matiraga serta Ekaristi. Dengan cara inilah, maka persatuan kita dengan Tuhan akan terus terjalin.

Demkianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan