translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diangkat dari bacaan Injil Matius 1:1-17 dengan thema:” Silsilah Yesus Kristus, Anak Daud”. Natal yang sebentar lagi akan dirayakan oleh semua umat beriman di seluruh dunia merupakan perayaan menyambut kedatangan Yesus Kristus, Sang Mesias Yang Kudus dari Allah. Yesus Kristus berdasarkan silsilah adalah keturunan raja Daud. Yusup suami Maria yang merupakan 14 keturunan dari Daud sampai pembuangan Babel, dan 14 keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

Membaca silsilah Yesus Kristus, maka kita diajak untuk merenungkan tentang siapakah Yesus Kristus. Ada kemungkinan kita tidak tertarik dengan nama-nama yang tercantum dalam silsilah Yesus Sang Mesias itu. Deretan nama-nama itu banyak yang asing dan tidak begitu penting, namun jika ditarik garis lurus dari Abraham sampai Daud, raja Israel yang berjaya, maka Yesus Kristus merupakan sosok yang sangat dihormati. Paling tidak Ia adalahketurunan raja Daud, raja Israel yang sangat dihormati oleh orang-orang Yahudi hingga saat ini. Singkatnya, Yesus adalah keturunan raja Daud, keturunan Yehuda, anak Israel atau Yakub.

Silsilah seseorang biasanya dimanfaatkan untuk melihat garis keturunan atau garis asal-usulnya. Biasanya hanya terbatas pada beberapa keturunan saja, tetapi kalau sampai berlapis-lapis, nampaknya capai juga membaca atau mendengarnya. Sosok Yesus Kristus yang selalu disembah oleh umat beriman selain dari keturunan orang yang terpandang (raja Daud, atau nabi Daud) tetapi juga kelahiran-Nya bukan karena hubungan biologis manusia. Ia terlahir dari dari kuasa Roh Kudus, atau Roh Allah sendiri.

Sebagai manusia, sosok bayi Yesus adalah sosok yang penuh misteri. Kehadiran-Nya di dunia sudah dinubuatkan oleh para nabi ribuan tahun yang lalu. Misteri kehadiran-Nya sudah diramalkan, bukan dadakan. Visi dan misi ‘Kehadiran Kristus’ yang sudah dinubuatkan itu adalah untuk menebus dosa manusia, bukan menjadi pemimpin politik. Banyak orang yang salah sangka tentang kehadiran Kristus.

Sebagai umat beriman, maka silsilah Yesus Kristus paling tidak secara manusia kita mengerti bahwa Yesus yang sungguh manusia itu berasal dari keturunan raja Daud, sosok raja atau nabi dari bangsa Yahudi. Kita mengimani bahwa Yesus adalah sungguh Allah dan sungguh manusia. Inilah misteri yang sulit diterima oleh banyak orang. Sebagai umat beriman, tentu kita mengimani bahwa Yesus Kristus itu sungguh Allah dan sungguh manusia, walau iman itu banyak ditentang atau ditolak oleh banyak orang.

Demikianlah renungan pendek Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan