Luruskanlah jalan Tuhan.

Renungan singkat Kuasa Doa hari Minggu ini diambil dari Injil Yohanes 1:6-8,19-28 dengan thema:” Luruskanlah jalan Tuhan”. Injil Yohanes hari Minggu ini mengisahkan tentang kesaksian Yohanes Pembaptis. Ia datang sebagai saksi terang supaya semua orang menjadi percaya. Yohanes sendiri bukan terang itu, tetapi ia memberi kesaksian tentang terang itu. Ketika Yohanes ditanya oleh banyak orang, dengan jujur ia mengatakan bahwa ia bukan Mesias atau Elia. Dengan tegas ia mengatakan:” Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun. ‘Luruskanlah jalan Tuhan, seperti yang telah dikatakan Nabi Yesaya”.

Hari Minggu adven ketiga ini merupakan minggu gembira atau ‘gaude te”. Mengapa? Karena sesaat lagi, kita akan menyambut kedatangan Imanuel, Tuhan beserta kita. Kedatangan Mesias akan membawa sukacita bagi umat manusia, karena Ia datang dengan membawa misi untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan maut. Oleh karena itu, masa adven adalah masa penantian sekaligus masa pertobatan. Menyambut hadirnya Mesias bukan dengan pesta pora atau kemabukan tetapi dengan pertobatan, karena melalui pertobatan, ada keselamatan.

Nabi Yesaya mengatakan:” Roh Tuhan ada padaku, sebab ia telah mengurapi aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara dan merawat orang-orang yang remuk hati. Aku diutus untuk memberitakan kebebasan kepada orang-orang tawanan; dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, Tuhan Allah berkenan kepadaku untuk memberitahukan tahun rahmat Tuhan dan hari pembalasan Allah kita. Aku bersukacita di dalam Tuhan, jiwaku bersorak sorai di dalam Allahku. Sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, karena Tuhan akan menumbuhkan kebenaran dan puji-puji di depan semua bangsa. Yang barusan adalah nubuatan nabi Yesaya tentang Sang Terang, yang sebentar lagi akan kita sambut.

“Luruskanlah jalan Tuhan”, bermakna agar kita berjalan dalam kebenaran. Dan jalan, kebenaran dan hidup adalah melalui Yesus sebagai Mesias. (Yohan 14:6).

Bagaimana persiapan anda sendiri dalam mempersiapkan kehadiran Mesias? Andalah yang tahu.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa Minggu ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan