Elia datang dan memulihkan segalanya.

Renungan Kuasa Doa hari ini diangkat dari Injil Matius 17:10-13 dengan thema:” Elia datang dan memulihkan segalanya”. Bagaimana kisahnya? Injil Matius hari ini mengisahkan Yesus yang menjawab pertanyaan dari para murid-Nya, dengan mengatakan:” Mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu? Yesus menjawab:”Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu. Dan Aku berkata kepadamu, Elia sudah datang tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian pula Anak Manusia akan menderita seperti mereka’. Pada waktu itulah mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

Elia baru yaitu Yohanes Pembaptis telah datang. Kehadirannya adalah untuk mempersiapkan Mesias Sang Juru Selamat. Yohanes telah mewartakan tentang siapakah Mesias yang akan datang.

Elia adalah nabi dari abad IX SM. Ia memaklumkan bahwa Yahwe adalah satu-satunya Allah yang benar. Ia menyerukan agar orang bertobat dari penyembahan berhala palsu dari mengabaikan perjanjian, dan dari dosa melawan hukum Taurat. Ia diangkat ke surga dalam kereta kuda berapi dan angin badai sehingga beredar ceritera bahwa ia akan kembali lagi sebelum datangnya Mesias. Kepercayaan ini tercermin dalam Kitab Sirakh (4:1-11) dan Makabe, di mana Matatias menjelaskan bahwa nabi Elia diangkat ke surga secara istimewa karena kegiatannya yang penuh semangat untuk Hukum Taurat ( 1 Mak 2:58).

Memang Yohanes Pembaptis mau pun Elia dipandang sebagai orang-orang yang ‘radikal”. Keduanya tinggal di padang gurun. Jadi mereka berlatar belakang dengan pengalaman hidup yang keras. Mereka tidak memiliki apa-apa dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan dan kemabukan.

Yohanes Pembaptis dan Elia adalah orang-orang heroik yang penuh dengan resiko dengan memproklamirkan sabda Allah. Di atas segalanya, setia kepada Allah menjadi hal terpenting bagi mereka. Sebagai pengikut Kristus, sudah seharusnya kita tidak takut memperjuangkan kebenaran sebab Allah selalu berpihak pada yang benar.

Dalam masa adven ini, tidak ada salahnya kita mempersiapkan hati untuk merayakan pesta kehadiran Mesias, Yang Kudus dari Allah. Marilah kita persiapkan hati agar kita layak dan pantas untuk menyambut Juru Selamat pada perayaan Natal nanti. Kehadiran Yesus dengan sendirinya melebihi Elia dan Yohanes. Yesus adalah Mesias, Sang Anak Domba Allah yang harus menderita di salib demi keselamatan umat manusia.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan