translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diangkat dari bacaan Injil Matius 11:11-15 dengan thema:” Yohanes Pembaptis adalah Elia baru”. Injil Matius hari ini mengisahkan Yesus yang berbicara tentang siapakah sosok Yohanes Pembaptis. Bagaimana kisahnya? Yesus berkata kepada orang banyak, kata-Nya:” Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan, tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis. Namun, yang terkecil dalam Kerajaan Surga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Surga dirongrong, dan orang yang merongrongnya mencoba menguasainya. Sebab, semua kitab para nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes. Dan jika kalian mau menerimanya, Yohanes itulah Elia yang akan datang itu. Barangsiapa bertelinga hendaklah ia mendengar!”.

Melalui Injil Matius hari ini Yesus mengidentifikasi sosok Yohanes sebagai seorang nabi. Yohanes adalah nabi Elia baru. Dalam Mal 4:5, Allah mengutus Elia, nabi dari surga, sebelum hari besar dan dasyat pada saat kedatangan Allah. Tetapi, kendati seluruh kebesaran Yohanes dinyatakan, belum memungkinkan baginya untuk membuka zaman baru yang menentukan untuk mewujudkan kedatangan Kerajaan Allah.

Orang-orang Yahudi yakin bahwa sebelum Mesias datang, nabi Elia akan datang untuk menyiapkan jalan bagi-Nya. Sampai sekarang kalau mereka Pesta Paskah, ada satu kursi yang dikosongkan untuk Elia kalau-kalau ia akan datang. Kepercayaan itu konon dilandaskan pada nubuat Malakhi:” Sesungguhnya Aku mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya Tuhan yang besar dan dahsyat” (Mal 4:5). Analog dengan nubuatan ini, maka Yesus adalah Mesias yang akan datang, dan kedatangan-Nya diwartakan oleh Yohanes Pembaptis. Jadi, benarlah nubuatan itu, bahwa Yohanes Pembatis adalah sosok nabi Elia yang baru. Peran yang dijalankan oleh Yohanes ini amatlah penting bahkan menentukan. Oleh karena itu Yesus berkata:” Sesungguhnya dari antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis.

Sebentar lagi kita akan merayakan pesta Natal, menyongsong hadirnya Mesias Juru Selamat kita. Untuk itu, kita persiapan bathin agar kita layak dan pantas menyambut-Nya. Oleh karena itu, dalam masa adven itu, kita selayaknya mempersiapkan diri dengan perlengkapan rohani kita sehingga layak menerima Tuhan ketika Ia melawat umat-Nya.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan