Maria menjadi ibu semua orang hidup

Renungan Kuasa Doa hari ini diangkat dari Injil Lukas 1:26-38 dengan thema:”Maria menjadi ibu semua orang hidup”. Sesuai kalender liturgi Gereja, hari ini Gereja juga merayakan pesta Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda. Oleh karena itu Injil Lukas hari ini mengisahkan tentang peran Bunda Maria sebagai bagian dari rencana keselamatan Allah secara menyeluruh. Dari bacaan-bacaan Kitab Suci hari ini, kita diarahkan untuk mengenal Maria lebih dalam.

Perayaan lituegi Gereja hari ini menyatakan bahwa Bunda Maria sejak dalam kandungan adalah suci. Kesuciannya terbukti dari sikap hidupnya yang selalu mencari kehendak Tuhan dan mendahulukan kehendak-Nya.

Injil hari ini melukiskan tentang Bunda Maria yang menerima khabar dari malaikat Gabriel. Maria akan menjadi ibu Yesus sebagai Anak yang kudus dari Allah. Awalnya berita malaikat itu sangat mengejutkan hati dan pikirannya, bagaimana mungkin ia akan menjadi ibu Anak Allah. Namun demikian kegalauan itu akhirnya pupus, dan ia lebih mengedepankan kehendak Allah. Meski tugas itu berat dan tidak mudah serta bahkan membingungkan, ia menjawab dengan hati yang rendah hati:”Aku ini hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataanmu itu”. Bunda Maria selalu mengadhulukan kehendak Tuhan dalam hidupnya dan bukan untuk keinginannya sendiri.

Bunda Maria adalah model permuridan yang selalu mendahulukan kehendak Tuhan. Karena sikapnya yang selalu mencari dan mendahulukan kehendak Tuhan, Gereja meyakini bahwa Maria memang suci sejak kecil dan telah dipilih Allah sejak dalam kandungan ibunya. Gereja yakin bahwa Maria memang suci sejak kecil, bahkan Gereja dengan yakin menyatakan imannya bahwa Maria dikandung tanpa noda dosa. Karena kesuciannya itulah, kita yang mengikuti dan dibimbing olehnya juga akan sampai pada Allah. Dalam naungannya, kita merasa aman dan akan dibantu sampai pada Yesus, Putranya dan pada Allah Bapa sendiri.

Bunda Maria sering juga disebut Hawa Baru. Ia adalah role model dalam menjalankan kehendak Allah. Oleh karena itu, kita sungguh bersyukur memiliki ibu yang selalu menjadi suri teladan dalam hidup ini. Jadi tak salah kalau umat beriman selalu berdevosi kepada Bunda Maria. Dialah yang menjadi ibu semua orang hidup.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan