Yesus memberi kuasa kepada para murid-Nya.

Renungan Kuasa Doa hari ini diangkat dari Injil Matius 9:35-10:1,6-8, dengan thema:” Yesus memberi kuasa kepada murid-Nya”. Kuasa apa yang diberikan kepada murid-Nya? Inilah kisahnya. Injil Matius hari ini mengisahkan Yesus yang berkeliling ke semua kota dan desa. Ia mengajar di rumah ibadat dan mewartakan Injil Kerajaan Surga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak mengikuti-Nya, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka Yesus berkata kepada murid-Nya, katanya:” Tuaian memang banyak, tetapi pekerjanya sedikit. Maka mintalah kepada tuan yang empunya tuaian supaya ia mengirimkan para pekerja untuk tuaian itu. Lalu Yesus memangggil kedua belas murid-Nya dan memberi mereka kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit serta segala kelemahan. Yesus pun mengutus mereka dan berpesan:” Pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel! Pergilah dan wartakanlah: Kerajaan Surga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kalian telah memperoleh dengan cuma-cuma, maka berikanlah pula dengan cuma-cuma”.

Injil Matius hari ini Yesus mengajarkan banyak hal. Intinya bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Maksudnya antara lain adalah bahwa manusia sebagai ciptaan yang paling utama ini membutuhkan keselamatan. Keselamatan itu melalui pertobatan. Berkaitan dengan ini Yesus mengatakan bahwa tuaian banyak, tetapi pekerjanya sedikit. Mintalah kepada yang empunya tuaian, agar tuan itu mengirimkan para pekerjanya. Apakah kita juga sebagai pekerja untuk tuaian itu? Benar! Sebagai bagian dari umat beriman yang dipilih Tuhan, kita mempunyai kewajiban untuk mewartakan Kerajaan Allah. Pesan Yesus ini minimal seminggu sekali kita dengar. Perhatikan pada ritus penutup perayaan ekaristi, imam selalu mengatakan:” Pergilah, kamu diutus!!!”. Dan kita menjawab:” amin!!!”. Artinya, kita sepakat untuk mewartakan Kerajaan Allah. Berkaitan dengan hal ini, Yesus menegaskan kepada murid-Nya bahwa Ia akan memberi kuasa untuk mengusir roh jahat, menyembuhkan penyakit, serta membangkitkan orang mati. Kuasa Ilahi dianugerhkan secara cuma-cuma kepada para murid-Nya. Oleh karena itu diberikan secara cuma-cuma, maka kita sebagai para murid-Nya juga harus memberikan secara cuma-cuma.

Kerajaan Surga sudah dekat dimaksudkan di sini antara lain bahwa sebentar lagi kita akan merayakan perayaan Natal. Natal dimaknai sebagai kedatangan Yesus sebagai Juru Selamat. Dengan kata lain pula, Kerajaan Surga itu identik dengan Kristus, Mesias yang sudah diramalkan oleh para nabi di dalam Perjanjian Lama. Sebelum kita merayakan Natal, kita memasuki masa adven sebagai masa penantian dalam artian untuk mempersiapkan kehadiran Tuhan (parousia).

Berbicara tentang ‘Yesus memberi kuasa kepada murid-Nya’ sebagai thema Kuasa Doa hari ini dimaksudkan bahwa kuasa Yesus yang dianugerahkan kepada kita harus dimengerti dengan iman. Kita mengimani bahwa Yesus memberi kuasa itu kepada yang percaya kepada-Nya secara cuma-cuma dan kita harus memberikan hal itu kepada mereka yang membutuhkan secara cuma-cuma pula.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkatinya.-***

Tinggalkan Balasan