Tuhan turut bekerja.

Renungan Kuasa Doa hari ini diangkat dari Injil Markus 16:15-20 dengan thema:” Tuhan turut bekerja”. Injil Markus hari berbicara tentang karya misi pewartaan khabar gembira. Bagaimana ini maksudnya? Pada suatu hari Yesus yang bangk8it dari antara orang mati menampakkan diri kepada sebelas murid dan berkata kepada mereka:” Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum”. Kemudian Yesus menambahkan:” Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya. Mereka akan mengusir setan-setan demi Nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh”. Inilah pesan Yesus kepada orang banyak, sebelum Ia naik ke surga. Sesudah itu terangkalah Yesus kie surga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Para murid pun pergi ke seluruh dunia untuk memberitakan Injil, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Hari ini Gereja merayakan seorang kudus yang dikenal sebagai seorang misionaris yang unggul yakni St. Fransiskus Xaverius. St. Fransiskus Xaverius (Fransiskus dari Xavier) digelari oleh Paus Pius X sebagai pelindung misi dan karya pewartaan iman. Ia adalah salah satu misionaris terbesar serta merupakan seorang perunding dan duta terbaik yang pernah ada.

St. Fransiskus Xaverius dilahirkan pada tahun 1506 di Navarre, Spanyol, di puri Xavier, dekat Pamplona. Bahasa ibunya adalah bahasa Basque. Ia merupakan anak bungsu dari suatu keluarga besar. Pada usia delapan belas tahun ia belajar di Universitas Paris. Ia masuk college St. Barbara dan pada tahun 1528 meraih gelar magisternya (licentiate). Di sinilah ia bertemu dengan St. Ignatius Loyola (pendiri Serikat Yesus), dan St. Fransiskus adalah satu dari tujuh orang pertama dari Serikat Yesus yang pada tahun 1534 di Montmartre mengucapkan kaul untuk melayani Tuhan. Bersama mereka, St. Fransiskus menerima tahbisan imamatnya di Venice tiga tahun kemudian. Pada tahun 1540 St. Ignatius menunjuknya untuk bergabung dengan Rm. Simon Rodrigquez untuk ekspedisi misi pertama ke Hindia Timur.

Riwayat hidup St. Fransiskus Xaverius mengungkapkan betapa gembira hatinya menerima Kabar Gembira Kerajaan Allah, menerima Sang Mesias, sehingga ia tak segan-segan berkeliling dunia dan menghadapi segala tantangan untuk membagikan kegembiraannya dengan mewartakan Sang Mesias. Riwayatnya merupakan sebuah ajakan agar kita menyadari betapa berharganya Kabar Gembira Kerajaan Allah, betapa berharganya Kristus Sang Mesias. Dengan iman dan kesadaran ini marilah kita menyambut Sang Mesias dengan penuh sukacita.

Tuhan turut bekerja sebagaimana thema Kuasa Doa hari ini merupakan inspirasi bathin tentang bagaimana janji Tuhan kepada mereka yang berkarya untuk misi pewartaan khabar gembira (Injil). Tuhan sendiri akan mendampingi dan turut bekerja, dan Tuhan juga akan menganugerahi tanda-tanda yang luar biasa. Tanda – tanda itu antara lain menyembuhkan mereka yang sakit, mengusir setan-setan dan membangkitkan orang mati.

Apakah anda juga ikut bagian dalam karya misi pewartaan khabar gembira? Andalah yang tahu.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan