translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Matius 8:5-11 dengan thema:” Iman yang menyembuhkan”. Injil Matius hari ini mengisahkan tentang hadirnya seorang perwira untuk bertemu dengan Yesus dan mohon kepada-Nya katanya:” Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh, dan ia sangat menderita”. Yesus pun berkata kepadanya:” Aku akan datang menyembuhkannya”. Tetapi perwira itu menjawab:”Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku. Katakan sepatah saja, maka hambaku itu akan sembuh…”. Mendengar hal itu, heranlah Yesus, dan Ia berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya:” Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Kujumpai pada seorang pun di antara orang Israel. Aku berkata kepadamu, banyak orang akan datang dari timur dan barat, dan duduk makan bersama Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Surga”.

Iman perwira itu luar biasa. Pada hal ia adalah seorang kafir, namun ia percaya akan kuasa Yesus yang mampu menyembuhkan hambanya yang menderita lumpuh. Bukan tanpa alasan mengapa perwira itu datang kepada Yesus? Pasti ia pernah mendengar tentang Yesus yang penuh kuasa itu. Secara bathiniah, ia mau membuka hati atas kuasa Yesus, dan ia ingin sekali bertemu dengan Yesus. Ketika ia bertemu Yesus, ia menolak kehadiran-Nya, dan ia sungguh percaya Yesus berkuasa atas penderitaan hambanya. Dan ungakapan kata-kata perwira itu senada dengan kata-kata Yesus dalam Kitab Wahyu 3:20, yang bunyinya:” Lihat Aku berdiri di muka pintu dan mengetuk. Jikalau ada orang mendengar dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya. Aku akan makan bersama dengan dia, dia bersama-sama dengan Aku”. Perwira itu telah mendengar tentang Yesus dan ia mau membuka hatinya untuk Yesus, dan Yesus pun mau mendapatkannya. Oleh karena itu, Yesus sangat memuji iman perwira itu yang belum pernah ddijumpai di negeri israel itu.

Bahkan kata-kata perwira itu menjadi doa singkat sebelum kita menerima Tubuh Kristus yang sudah berlangsung lama. Oleh karena itu, doa-doa Gereja adalah doa alkitabiah, Jadi benarlah kalau Injil adalah sekolah doa.

Inspirasi bathin dari renungan singkat Kuasa Doa hari ini antara lain bahwa iman yang baik akan menyembuhkan secara jasmani mau pun rohani. Tapi penyembuhan rohani seharusnya lebih diutamakan dari pada penyembuhan jasmani. Tapi orang jaman ini lebih berburu kesembuhan jasmani, walau rohaninya masih compang-camping.

“Iman yang menyemmbuhkan” itulah yang kita buru dalam hidup ini. Untuk itu memang kita harus terus menumbuhkembangkan iman kita terus-menerus.

Bagaimana anda, andalah yang tahu.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan