Berjaga-jagalah!!!

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari bacaan Injil Lukas 21:34-36 dengan thema ‘berjaga-jagalah’. Injil Lukas hari ini mengisahkan tentang Yesus yang berbicara kepada murid-murid-Nya dengan mengatakan:”Jagalah dirimu, jangan sampai hatimu sarat dengan pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi, dan jangan sampai hari Tuhan tiba-tiba datang jatuh ke atas dirimu seperti jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, agar kalian mendapat kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan agar kalian tahan berdiri di hadapan Anak Manusia”. Demikian beberapa pesan Yesus melalui Injil Lukas hari ini.

‘Berjaga-jagalah’, demikian thema Kuasa Doa hari ini, dengan maksud agar kita selalu siap sedia untuk menyambut kedatangan Tuhan (Anak Manusia). Yesus memuji mereka yang setia kepada-Nya dan menasihatkan untuk tidak takut akan kedatangan-Nya.

Dalam hidup ini, kita seringkali terjebak dalam kemabukan dan kepentingan duniawi, dan tergoda untuk terus-menerus menikmati. Adanya kemabukan duniawi itu dan godaan dunia lainnya menjadikan kita sering lupa bahwa kita harus berjaga-jaga, karena kita sering meremehkan akan harinya Tuhan.

Berjaga-jaga tentu saja tidak sekedar membuka mata dan tidak tidur seperti petugas satpam. Berjaga-jaga dalam konteks Kristiani adalah berjaga dengan disertai doa, supaya kita benar-benar diluputkan dari jerat-jerat dosa, godaan serta kejahatan yang datangnya secara tak terduga. Berjaga dan berdoa akan membuat diri kita senantiasa siap siaga menghadapai berbagai tantangan dan kejahatan. Kita diajak untuk selalu melibatkan Tuhan dalam hidup ini.

Inspirasi bathin dari renungan Kuasa Doa hari ini menegaskan kepada kita semua antara lain di kala kita masih hidup, kita diundang untuk senantiasa mempersiapkan kedatangan Tuhan. Tuhan akan datang serta menjemput kita pada hari kematian kita, dan Tuhan akan datang secara umum pada akhir zaman. Ia akan datang sebagai Hakim Agung mengadili orang hidup dan mati.

Sebagai orang beriman sesungguhnya Yesus Tuhan datang pada setiap kita mengikuti perayaan Ekaristi dalam rupa roti dan anggur. Tuhan sebenarnya datang setiap saat melalui orang miskin dan orang sakit yang musti kita tolong dan kunjungi. Untuk menyadari ini semua, kita harus berjaga-jaga setiap saat.

Bagaimana anda, apakah anda juga berjaga setiap saat? Andalah yang tahu.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan