Menjadi Saksi Kristus.

“Menjadi saksi Kristus” adalah thema Kuasa Doa hari ini. Thema ini merupakan inspirasi bathin dari bacan Injil Lukas 21:12-19. Injil Lukas hari ini masih berbicara tentang kelanjutan kondisi akhir zaman. Menjelang akhir zaman, Yesus juga menubuatkan tentang adanya penganiayaan terhadap para pengikut Kristus. Tentang hal ini Yesus berkata demikian:” Akan datang harinya kalian ditangkap dan dianiaya. Karena Nama-Ku kalian akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat, dimasukkan ke dalam penjara, dan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa. Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi. Sebab itu, tetap teguhlah di dalam hatimu, jangan kalian memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. Aku sendirilah yang akan memberi kalian kata-kata hikmat sehingga kalian tidak dapat ditentang atau dibantah oleh lawan-lawanmu”.

DAri bacaan Injil Lukas di atas, bahwa akhir zaman diindikasikan dengan adanya kekacauan yang mengerikan seperti perang, penganiayaan terhadap pengikut Kristus, penyakit, serta bencana alam. Mengenai semunya ini, Yesus berpesan kepada pengikut-Nya agar tetap teguh dalam iman, dan dalam kondisi seperti itu kita berani menjadi saksi Kristus. Sekiranya para pengikut Kristus dianaiaya, mereka tidak usah bersusah memikirkan tetang pembelaan, karena Yesus sendiri akan mengaruniakan Roh Kudus untuk berkata-kata penuh hikmat sehingga tak terbantahkan oleh para lawan.

“Menjadi saksi Kristus”, pada dasarnya tidak harus terjadi pada akhir zaman, dalam hidup keseharian pun dapat dilakukan. Menjadi saksi Kristus berarti berani meneladani hidup-Nya. Dengan kata lain, menjadi saksi Kristus adalah langkah hidup baik, yang tidak takut akan bencana yang mengancamnya. Hal ini terutama karena kedekatan Yesus dengan para pengikut-Nya.

Menjadi saksi Kristus dibutuhkan iman yang kuat, tentu saja iman yang tidak buta. Iman itu akan bertumbuh berkembang dengan sendirinya, kalau kita juga setia pada ajaran Kristus sebagaimana tertera dalam Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium (ajaran Gereja). Ketiganya merupakan sumber iman. Kalau kita menyimak dengan baik ketiga sumber iman, kita iman akan bertumbuh dan berkembang. Dengan pertumbuhan iman yang baik, maka kita juga akan berani menjadi saksi Kristus.

Apakah sebagai pengikut Kristus, kita berani menjadi saksi Kristus. Andalah yang tahu.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan