translation services

Renungan singkat Kuasa Doa hari ini diangkat dari bacaan Injil Lukas 21:1-4 dengan thema:” Penyerahan total dari kekurangan”. Bagaimana hal ini dimengerti? Suatu ketika Yesus berada di Bait Allah, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. Yesus juga melihat seorang janda miskin memasukkan persembahan sejumlah dua peser ke dalam peti itu. Yesus pun berkata kepada mereka:”Sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab mereka semua memberikan persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberikan dari kekurangannya, bahkan ia memberikan selurh nafkahnya”.

Hari ini Gereja juga merayakan pesta santo Andreas Duc Lac dan kawan-kawannya yang menjadi martir di Vietnam. Kehidupan Gereja di negeri ini cukup maju dan berkembang, karena kita mengimani darah para martir akan menjadi darah pertumbuhan kekristenan di mana para para martir itu telah mengurbankan hidupnya. Penyerahan hidup Santo Andreas dan kawan-kawannya merupakan penyerahan dari seluruh apa yang dimilikinya kepada Tuhan. Hal ini analog dengan persembahan janda miskin sebagaimana tergambar dalam bacaan Injil Lukas hari ini. Penyerahan total dari kekurangan yang dimilikinya seperti yang dilakukan oleh Santo Andreas merupakan teladan bagi kita umat beriman.

Panggilan hidup beriman akan tumbuh subur jika kita memiliki sikap hidup penuh penyerahan. Gereja Katolik Vietnam berkembang karena umat beriman berani berkurban tanpa memperhitungkan apa yang dimilikinya. Apakah kita juga mempunyai semangat seperti Santo Andreas Duc Lac dan kawan-kawannya? Semoga saja.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan