Menjadi hamba yang setia.

Thema Kuasa Doa hari ini adalah ‘menjadi hamba yang setia’, yang merupakan inspirasi dari bacaan Injil Lukas 19:11-28. Yesus hari ini kembali memberikan perumpamaan tentang Kerajaan Allah yang diumpakan seorang bangsawan yang hendak beberpgian ke luar negeri. Maka dipanggillah sepuluh hambanya, dan masing-masing diberinya satu mina. Sekembalinya dari luar negeri, ia ingin mengadakaan hitung-hitungan dengan para hambanya. Yang pertama pun datang dan mengatakan:” Tuan, mina Tuan yang satu itu telah menghasilkan sepuluh mina”. Tuan itu sangat senang kepada hamba itu, katanya:” Baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba yang baik. Engkau telah setia dalam perkara yang kecil, karena itu terimalah kekuasaan atas 10 kota’. Kemudian datanglah hamba yang kedua. Hamba ini pun telah mempertanggungkan jawabkan atas mina yang diberikan dan menghasilkan lima mina. Kembali tuannya memujinya dan akan memberikan ganjaran untuk menguasai 5 kota. Terakhir datanglah hamba yang malas dan tidak setia. Tuan itu sangat marah dengan mengatakan:” Hai hamba yang jahat dan tidak setia. Aku akan menghakimi dirimu menurut perkataanmu sendiri. … Lalu katanya kepada orang-orang yang berdiri di situ:”Ambillah mina yang satu itu dan berikanlah kepada orang yang mempunyai 10 mina”. kata mereka kepadanya:” Tuan, ia sudah mempunyai 10 mina”. Ia menjawabA:”Aku berkata kepadamu, setiap orang yang mempunyai ia akan diberi; tetapi siapa yang tidak mempunyai, darinya akan diambil, juga apa yang ada padanya. Akan tetapi, semua seteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari dan bunuhlah mereka di depan mataku”.

Apa makna ajaran Yesus hari ini? Menjadi hamba yang setia artinya ia membuka hati atas rahmat dan talenta yang diberikan Allah kepadanya. Tentu saja ini juga berlaku untuk diri kita. Makin setia kita, maka Allah juga akan memberikan lebih kelimpahan rahmat untuk hidup kita. Allah dengan sendirinya akan menghukum mereka yang tidak setia apalagi menolak Allah sebagai raja di dalam hati mereka.

Kesimpulan dari bacaan Injil Lukas hari ini adalah’keterbukaan terhadap tindakan Allah di dalam Yesus terus mengintensifkan seseorang untuk ambil bagian dalam Kerajaan Allah, tetapi orang yang tertutup dan penuh ketakutan tidak dapat menerima kekayaan ini. Oleh karena itu, menjadi hamba yang setia merupakan prasyarat untuk ambil bagian di dalam Kerajaan Allah.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan