(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Makna ‘Doa Bapa Kami’

Posted at 8 Oktober, 2014 by kuasa on category Renungan
translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Lukas 11:1-4 dengan thema:” Makna ‘Doa Bapa Kami”. Thema ini diangkat ketika para murid Yesus mohon kepada-Nya ‘bagaimana seharusnya berdoa’ sebagaimana Yohanes telah mengajar murid-muridnya.Atas permintaan para murid-Nya, Yesus pun mengatakan:” Bila kalian berdoa, katakanlah ‘Bapa dikuduskanlah Nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu. Berilah kami setiap hari makanan secukupnya, dan ampunilah dosa kami sebab kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan”.

Doa Bapa Kami sebagaimana Yesus kepada murid-Nya merupakan doa yang sederhana, namun sangat lengkap dan indah. Oleh karena itu, doa ‘Bapa Kami”, sering menjadi referensi doa-doa kita. Apa isi doa Bapa Kami itu?

Pertama, kita diajak untuk mendahulukan kehendak Allah dengan memuliakan Dia. “Bapa, dikuduskanlah Nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu”. Inilah rumusan bentuk awal doa yang seharusnya kita dahulukan. Jadi yang pertama-tama kita kedepankan dalam doa adalah ‘memuliakan Nama Allah, menghormati serta menyembah-Nya”. Selain itu, kita juga diajak untuk kerajaan Allah hadir di dunia, dalam hidup kita. Oleh karena itu, kita perlu menghilangkan halangan-halangan yang menghambat Kerajaan Allah yang terjadi di dunia.

Kedua, kita diajak untuk meminta hal yang sangat penting dalam hidup kita yaitu rezeki (makanan) untuk hidup hari ini. Kita diajak untuk mohon diberikan makanan yang secukupnya, bukan yang berlebihan. “Cukup” artinya tidak berlebihan, sehingga orang lain juga berkesempatan memperoleh kesempatan yang sama. Di sini, ada prinsip keadilan, serta berbagi bagi orang lain. Oleh karena itu, sifat rakus harus dihindarkan dari hidup kita.

Ketiga, kita mohon ampun atas dosa dan kesalahan kita, namun yang tidak kalah pentingnya adalah kita juga harus mengampuni mereka yang bersalah kepada kita. Itu menjadi syarat, agar Tuhan mengampuni kita. Dengan cara ini, kita lebih mengedepankan hukum kasih kepada sesama kita.

Keempat, kita mohon dijauhkan dari segala pencobaan. Untuk itulah, kita harus selalu berada di dekat pada Allah.

Oleh karena itu, ‘doa Bapa Kami’, bila dihayati secara dalam, maka kita akan menjadi pribadi yang selalu melhurkan dan mendahulukan kehendak Tuhan, bersikap adil pada sesama, dan selalu berusaha untuk mengasihi sesama, serta mohon dijauhkan dari segala perbuatan jahat. Inilah sedikit makna ‘doa Bapa Kami’, yang sering kita daraskan setiap saat.

Demikian refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1