(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Tuhan, Tolonglah Aku.

Posted at 4 August, 2014 by kuasa on category Renungan
translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diangkat dari bacaan Injil Matius 14:22-36 dengan thema:” Tuhan. tolong aku “. Hari ini  Injil Matius antara lain berkisah tentang Yesus yang berjalan di atas air, setelah Ia berdoa sendirian, dan ingin menyusul para murid-Nya yang sedang berlayar di tengah danau. Ketika para murid menyaksikan Yesus datang, pikiran mereka terganggu dengan berseru:” Itu hantu” , sehingga berteriak ketakutan. Namun Yesus segera berkata:” Tenanglah! Aku ini, jangan takut!”. Lalu Petrus berseru kepada Yesus dengan mengatakan:” Tuhan, apabila itu Engkau, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air”. Yesus pun berkarta:” Datanglah!”. Petrus pun berjalan di atas air, tiba-tiba datanglah tiupan angin kencang, takutlah ia dan mulai tenggelam sambil berteriak:”: Tuhan, tolonglah aku!”. Yesus pun datang menolongnya sambil berkata:” Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?” Lalu mereka naik perahu dan angin pun redalah. Sesudah itu orang-orang yang berada di perahu menyembah Dia, katanya:” Sesungguhnya Engkau Anak Allah”. Setelah sampai di darat, Yesus pun membuat mukjizat dan menyembuhkan banyak orang.

Sesuai thema Kuasa Doa hari ini adalah “Tuhan, tolonglah aku”, yang merupakan seruan doa Petrus yang memohon pertolongan kepada Yesus karena ia mau tenggelam. Ketika mereka berlayar, maka dihantamlah perahu mereka oleh angin ribut. Dalam kegalauan dan kekhawatirannya, maka Tuhan yang hadir pun tidak kelihatan, karena hatinya tertutup oleh kekhawatiran. Tuhan yang begitu dekat, tidak nampak lagi. Teriakan minta tolong sebagaimana digambarkan oleh Petrus mengindikasikan bahwa dalam kesesakan yang sangat mendesak, tiada orang lain selain meminta pertolongan kepaa Tuhan. Yesus Tuhan mmeminta kepada kita semua agar tidak bimbang dan ragu dalam memohon pertolongan kepada Yesus. Yesus akan mengabulkan permohonan kita sekiranya dengan iman kita tidak ragu-ragu akan pertolongan-Nya.

Akhirnya krisis kepercayaan berakhir pada pengakuan para murid bahwa Yesus adalah benar-benar Anak Allah. Hari ini Gereja merayakan pesta St. Yohanes Maria Vianney. Karakter pribaadinya bersahaja, dan bahkan mengandalkan hidup rohani dengan mengandalkan kepada kehendak Allah, dan selalu memberikan hidupnya dengan mendengarkan umatnya. Dia memiliki kepercayaan bahwa Tuhan akan mengubah hati umat-Nya. Paroki tempat bertugas selalu dipenuhi dengan umat yang mencari Tuhan melalui perjumpaan dengan St. Yohanes Maria Vianney.

Tentu saja mengandalkan Yesus sebagai jalan hidup dan menimba kekuatan dari-Nya adalah hal yang sangat baik. Mengikuti keteladanan orang kudus seperti St, Yohanes Maria Vianney adalah keteladanan yang harus dicontoh.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***




12 responses for Tuhan, Tolonglah Aku.

  1. antonius siregar says:

    tolong doakan sy, yg sedang dalam kesulitan keuangan, tks YBU

    • kuasa says:

      Yth. Pa Antonius Siregar,

      Terimakasih sudah mampir di http://kuasadoa.com, sabar pak. Saya bantu doa, tapi bapak juga harus ada usaha, dan jangan putus asa. Saya yakin Tuhan tidak membiarkan umatnya, yang selalu mohon pertolongannya. Tuhan memberkati. Admin Kuasa Doa.

  2. deisy says:

    tolong doakan sy yg tlh ditipu dan harus membayar uang ke investor yang join k sy…

    • kuasa says:

      Sdr. Deisy,

      Pengalaman ditipu atau ketipu dialami oleh banyak orang termasuk orang-orang beriman. Tapi mari ambil hikmahnya. Memang itu cukup menyesakkan. Tapi sebgai orang beriman tidak ada salahnya kita berefleksi diri. Mungkinkah ini teguran Tuhan agar kita mau berbagi yang barangkali selama ini kurang kita perhatikan. ATau Tuhan punya rencana lain terhadap hidup kita. Coba direfleksikan kembali, mengapa kita sampai ditipu atau tertipu. Semoga Anda tetap kuat dan tetap bersemangat dalam kasih Tuhan. Tuhan memberkati Anda.-

      Salam

  3. johanes says:

    saya sudah tidak bekerja krena di phk dan punya usaha belum menunjukkan hasil.mohon doanya

    • kuasa says:

      Sdr. Yohanes, kita mengenal ‘ora et labora’ (berdoa dan bekerjalah). Mari kita bertekun dalam doa, dan berpasrah kepada-Nya, karena hanya yesus yang punya kuasa mengabulkan doa-doa kita. Salam dan doa.

  4. bramadi says:

    Tolong doakan agar istri sy terlepas dari kepahitan, anak sy tdk menjadi sasaran kepahitan ibunya, sy bs berkumpul dlm satu rumah dlm waktu lama dengan anak istri sy, yang sejak nikah kami sdh terpisah krn sy kerja si lain kota dan provinsi. Uang sy yang dipakai modal orang lain, dikembalikan.

    • kuasa says:

      Sdr. Bramadi Yth,

      Terimakasih sudah mampir di Kuasa Doa. Harus diakui, setiap orang mempunyai masalah. Oleh karena itu mari kita bertemu dengan Tuhan, biarlah dengarkan keluh kesah kita. Namun demikian hareus juga ada ikhtiar, karena tanpa ukhtiar dan usaha, juga percuma. Tuhan memberikan rahmat dalam bentuk semangat agar kita kuat menghadapinya. Saya bantu doa agar Tuhan membukakakan jalan bagi saudara.

  5. Pardomuan says:

    Tolong doakan sy yg lagi sgt cemas, kuatir dan timbul takut di dlm pekerjaan. Rasanya iman sy hilang. Tidak ada semangat dan tidak berdaya. Susah bg sy melangkah maju dan hampir putus asa. Terimakasih Ybu.

    • kuasa says:

      Yth Pa Pardomuan,

      Banyak orang mengalami perasaaan yang sama dengan bapak. Kegelisahan itu terjadi karena kita sering kurang beriman. Kembali kepada Kitab Suci yang mengatakan:” burung pipit di udara dan bunga bakung di taman, semuanya berjalan dengan baik. Manusia sebagai ciptaan secitra dengan Allah pasti akan lebih berharga dari pada ciptaan yang lain. Oleh karena itu, simaklah apa kata Yesus bagi yang terus merasa khawatir hidupnya. “Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka yang lain akan ditambahkan”. Apakah bapa sungguh akan mengimani akan Firman Tuhan. Bekerjalah bersama Tuhan dengan doa-doa kita, pasti Tuhan akan membantu mereka yang memohon dengan tulus.

      Salam dan doa dari kami,

      Redaksi Kuasa Doa.




UA-43404914-1