translation services

Renungan singkat Kuasa Doa hari ini diambil bacaan Injil Matius 13:31-35 dengan thema:” Kerajaan Surga seumpama biji sesawi“. Jika pada hari Minggu Yesus berbicara tentang ‘Kerajaan Surga seumpama harta karun atau pun mutiara’, maka hari ini Yesus berbicara tentang Kerajaan Surga seumpama biji sesawi’ kepada orang banyak.

Bagaimana Yesus menggambarkan Kerajaan Surga bagaikan biji sesawi? Biji sesawi ini merupakan biji yang paling kecil di antara segala jenis biji-bijian. Walau biji ini merupakan biji yang terkecil, namun bila sudah besar bisa menjai pohon yang besar dan bahkan burung-burung dapat bersarang padanya.

Dengan kata lain, Yesus mau menggambarkan bahwa kegiatan Allah dalam pelayanan Yesus tampaknya kecil seperti biji sesawi, tetapi berakibat dalam kepenuhan pemerintahan Allah akan sangat besar. Hal ini berarti pula bahwa Kerajaan Surga sebagaimana diajarkan oleh Yesus mempunyai makna ekskatologis.

Sekali lagi hari ini Yesus mengajak kita semua untuk memahami perumpamaan ‘Kerajaan Surga seumpama biji sesawi’ dengan baik-baik dan terus direnungkan. Kerajaan Surga itu berproses panjang dari yang paling kecil dan terus berkembang. Demikian pula Kerajaan Surga itu berproses dalam diri dalam masing-masing orang. Pemahaman Kerajaan Surga diawali dengan hal yang paling kecil berproses menjadi besar dan  akhirnya itu juga bermanfaat bagi orang lain.

Melalui perumpamaan itu Yesus mengajak kita untuk bertumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Setiap orang bisa berkembang dan menjadi besar. Hidup manusia itu bagaikan biji sesawi, yang semual kecil, tidak berharga, tetapi karena dirawat, akhirnya biuji itu tumbuh menjadi besar.

Oleh karena itu, marilah kita  terus mensyukuri setiap kesempatan  hidup yang diberikan Tuhan kepada kita semua.  Dan marilah bertumbuh dan berkembang sesuai dengan talenta kita masing-masing. Pada akhirnya jika kita tekun dan setia, pasti akan membuahkan hasil. Apakah hidup kita juga  dapat bertumbuh dan berkembang seumpama biji sesawi? Andalah yang tahu.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

 

Tinggalkan Balasan