translation services

Renungan singkat Kuasa Doa di hari Minggu ini diangkat dari Injil Yohanes 6:51-58 dengan thema:” roti kehidupan surgawi”. Pada Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus ini, Yesus berbicara tentang ‘roti kehidupan surgawi’. Seperti diketahui bahwa roti adalah makanan yang dibutuhkan oleh banyak orang, walau tidak semua orang suka makan roti. Namun demikian Yesus menawarkan yang sungguh dibutuhkan setiap orang. Makanan yang ditawarkan itu adalah ‘roti kehidupan surgawi’. Bagaimana Yesus menggambarkan ‘roti kehidupan surgawi itu?’.

Sewakru Yesus di rumah ibadat di Kapernamum Yesus berkata kepada orang banyak:”Akulah roti hidup yang telah turun dari surga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya. Dan roti yang Kuberikan ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia”. Yesus sebagai roti dari surga harus diterima dan disantap melalui iman. Artinya santapan itu adalah santapan iman. Yesus adalah roti dari surga yang memberi makan kepada semua orang yang percaya. Tentu saja Yesus sebagai roti dari surga harus diterima sebagai santapan rohani.

Seperti Musa memberi makan kepada umat Israel, demikian Yesus telah memberi makan kepada siapa saja yang percaya kepada-Nya. Yesus adalah Musa baru. Ia juga roti kebijaksanaan dan pewahyuan, yang memberi makan kepada semua orang yang percaya kepada-Nya dalam iman.

Akhirnya, Ia adalah sumber Ekaristi hidup kekal bagi mereka yang makan dan minum daging dan darah Anak Manusia Yang Ilahi dan yang dimuliakan.

Bagaimana anda? Andalah yang tahu. Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari Minggu ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan