(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Sepuluh sabda bahagia.

Posted at 9 June, 2014 by kuasa on category Renungan
translation services

Renungan singkat Kuasa Doa hari ini diambil dari bacaan Injil Matius 5:1-12 dengan thema:” Sepuluh Sabda bahagia”. Kesepuluh sabda bahagia itu antara lain:

1. Berbahagialah orang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga.
2. Berbahagialah orang yang berduka, karena mereka akan dihibur.
3. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena akan memiliki bumi.
4. Berbahagialah orang yang haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.
5. Berbahagialah orang yang murah hati, karena mereka akan beroleh kemurahan.
6. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.
7. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
8. Berbahagialah orang yang dianiaya demi kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Allah.
9. Berbahagialah kalian, jika demi Aku kalian dicela dan dianiaya, dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.
10. Bersukacita dan bergembiralah, sebab besarlah ganjaranmu di surga, sebab para nabi sebelum kalian pun telah dianiaya.

Sabda bahagia yang kita dengarkan hari ini menyadarkan nilai-nilai rohani dalam kehidupan ini. Nilai-nilai rohani di sini dimaksudkan agar setiap orang dalam peziarahan di dunia ini untuk mencapai kekudusan dan memasuki Kerajaan Allah.

Sabda bahagia di atas merupakan sarana-sarana untuk mencapai hidup yang kekal bersama Allah di dalam Kerajaan Surga. Oleh karena itu, sekiranya kita ingin menempuh hidup rohani dalam rangka mencapai kesalehan atau kekudusan, maka 10 sabda bahagia tadi dapat menjadi acuan dalam hidup ini.

Mencapai kekudusan hidup perlu suatu usaha atau perjuangan. Tidak serta merta percaya kepada Yesus otomatis menjadi kudus. Kekudusan itu adalah suatu proses yang terus menerus mengimani akan ajaran Yesus dan melaksakannya. Hidup dalam Yesus berarti menerima ajaran-Nya dan melaksanakannya secara tulus. Katakanlah kita memilih sabda bahagia ‘berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah’. Pada jaman ini terkadang cukup sulit mendapatkan kedamaian yang hakiki. Di lain pihak ada juga orang-orang yang mengobarkan kebencian terhadap orang lain karena adanya perbedaan ras, suku, agama, atau golongan. Namun mereka masih menganggap sebagai orang beragama. Jika demikian, memang benar mereka bergama, tetapi tidak ber-Tuhan. Karena pada dasarnya orang yang mengasihi Tuhan, tidak mungkin membenci sesamanya, karena kebencian itu tidak akan membawa damai di hati mau pun di lingkungannya.

Dengan ‘sabda bahagia’ Yesus ini diharapkan kita mau memilih salah satu sarana atau pedang rohani dalam melawan keduniawian untuk menuju kepada Kerajaan Allah. Tentu kita tidak mungkin memilih kesepuluh sabda bahagia ini. Tapi memilih satu di antara 10 tentu saja cukup memadai dalam menjalani hidup rohani ini.

Bagaimana anda? Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1