translation services

Renungan singkat Kuasa Doa hari ini diambil dari bacaan Injil Yohanes 15:18-21 dengan thema:”Kamu bukan dari dunia, sebab Aku telah memilih kamu dari dunia”.

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus banyak sekali memberikan wejangan kepada para murid-Nya agar para murid makin sadar dan makin jelas. Dalam wejangan kali ini Yesus antara lain mengatakan:”Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu”. Dunia yang dimaksud adalah masyarakat yang hidupnya tanpa Allah, walau mereka mengaku beragama. Masyarakat dunia tentu akan membenci hal-hal yang bersifat rphani. Dalam hal ini Yesus menambahkan:” Tetapi karena kamu bukan dari dunia, sebab Aku telah memilih kamu dari dunia, maka dunia membenci kamu”. Yesus juga mengatakan:” Mereka telah menganiaya Aku, maka mereka juga akan menganiaya kamu”.

Itu tadi cuplikan beberapa wejangan Yesus tentang dunia yang membenci Yesus dan pengikut-Nya. Dengan kata lain, bahwa kebencian atau pun penganiayaan terhadap pengikut Yesus sudah dinubuatkan sendiri oleh Yesus. Oleh karena itu, para pengikut Yesus tidak usah heran, bahwa dunia begitu membenci kita. Yesus sendiri sudah mengatakan:”Ingatlah bahwa dunia telah lebih dahulu membenci Aku….Mereka membenci Aku mau pun Bapa-Ku”.
Penganiayaan para murid Yesus pun dikarenakan mereka bukan dari dunia, sehingga bukan milik dunia. Mereka telah dipilih dari dunia oleh Yesus, sehingga mereka menjadi milik Yesus. Karena itu penganiayaan pun diatasnamakan pada Yesus.

Karena dunia telah menolak Yesus sebagai pewahyuan diri Allah yang berarti juga menolak Allah Bapa yang mengutus Yesus, maka penganiayaan terhadap milik-Nya diatasnamakan pada Yesus.

Dengan demikian, kebencian dan penganiayaan itu dikarenakan perbedaan sifat dasar antara dunia dan murid-murid Yesus. Penganiayaan itu pun dikarenakan hubungan erat murid-murid dengan Yesus yang mereka tolak dan sempitnya pikiran dunia:” Semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena Nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku”.

Dalam nubuat-Nya Yesus juga menambahkan:”Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku”. Yesus juga
mengatakan:” Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti kepada Allah”. (Yoh 16:1-2).
Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.***

Tinggalkan Balasan