(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Kuasa Doa:”Dia ini benar-benar nabi yang akan datang”.

Posted at 5 April, 2014 by Justinus on category Renungan
translation services

Renungan singkat Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Yohanes 7:40-53 dengan thema:”Dia benar-benar nabi yang akan datang”.

Ajaran dan tindakan Yesus sangat berbeda dengan cara hidup kaum Farisi dan ahli Taurat. Yesus menawarkan cara hidup baru berlandaskan kasih. Ajaran Yesus ini mencerahkan orang yang mampu berpikir jernih.

Kehebatan Yesus diakui oleh para penjaga Bait Allah yang ditugaskan oleh para imam kepala dan kaum Farisi untuk menangkap Yesus. Namun mereka tak mampu menangkap-Nya, karena mereka menyaksikan sendiri bagaimana Yesus adalah sosok yang penuh kuasa, ajaran-Nya sangat ‘adem’, dan tidak mempovrokasi orang lain. Menurut mereka, Yesus berbicara tidak seperti orang lain sebelumnya. Inilah sebuah kesaksian dan laporan jujur yang disambut dengan kemarahan yang menyuruhnya. Iri hati dan napsu jahat kerap membutakan mata hati orang sehingga mereka tidak dapat melihat suatu titik kebenaran.

Menurut Paus Fransiskus, kita perlu mengenal Yesus lebih dalam, kita juga perlu berdialog dengan-Nya melalui doa atau membaca Firman-Nya. Jika kita tidak berdoa, dan berbicara dengan dengan-Nya, bagaimana kita mengenal Dia.
Mengutip kata-kata salah seorang Bapa Gereja (Yohanes Christosomus?) mengatakan’bagaimana kita mengenal Yesus dengan baik, kalau kita tidak pernah membaca Kitab Suci”.

Baik harapan Paus Fransiscus dan bapa Gereja itu adalah agar kita tidak mengalami krisis identitas tentang Yesus.
Sebagai pengikut Kristus, kita tidak hanya sekedar ikut dan tidak mengenal lebih dalam. Oleh karena itu membaca Kitab Suci menjadi wajib. Mengenal Yesus dengan pikiran –kita harus mempelajari Katekismus, mengenal dengan hati, maka kita harus berdoa, dan berdialog dengan-Nya. Namun demikian hal itu tidak cukup. Ada cara lain pula untuk mengikuti Yesus yakni dengan mengikuti-Nya. Pergi dengan Dia, dan berjalan bersama-Nya. Inilah ajakan Paus Fransiscus untuk mengenal Yesus lebih dalam.

“Dia ini benar-benar nabi yang akan datang”, demikian thema Kuasa Doa hari ini. Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan para nabi yang berasal dari keturunan Daud dari tanah Yudea.
Namun banyak orang tidak mampu mengenal Dia sekalipun mereka ahli Kitab Suci. Oleh karena itu, keterbukaan hati menjadi yang paling utama untuk mengenal Yesus. Dengan demikian, terpenuhilah kata-kata Yesus:” Rahasia Kerajaan Surga itu tertutup untuk orang cerdik pandai, tetapi terbuka untuk orang kecil dan sederhana”.

Demikianlah renungan Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Marilah kita berdoa (oratio):

Bapa di surga yang penuh kasih, tambahkan imanku agar kami makin mengimani-Mu dan makin mendengarkan Sabda-Mu dengan perantaraan Yesus Kristus, Tuhan dan pengantaraku, amin.







UA-43404914-1