translation services

Renungan singkat Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Markus 4:21-25, dengan thema:” Siapa yang mempunyai , akan diberi lagi, dan siapa yang tidak mempunyai, apa pun yang ada padanya akan diambil” (Mrk 4:25). Thema ini diangkat dari kisah Yesus yang memberikan pengajaran bagi para murid-Nya. Dalam ajaran-Nya, Yesus memberikan beberapa penegasan antara lain tentang pelita. Menurut-Nya, pelita itu bukan ditaruh di bawah tempat tidur, melainkan harus di atas kaki dian. Maksud ajaran ini antara lain bahwa siapa pun menerima Yesus dan mempercayai-Nya bahwa Ia adalah sungguh-sungguh Allah, maka ia ibarat pelita yang akan mampu menjadi sumber penerang. Tentu saja sebelum menerangi sekitarnya, ia sendiri ia harus menjadi terangterlebih dahulu. Bagi mereka yang menerima Yesus sebagai sumber terang, maka tidak ada yang tersembunyi yang tidak akan terbuka. Karena siapa pun yang tinggal di dalam terang, ia akan meninggalkan kegelapan. Oleh karenanya, tidak ada rahasia yang tidak terungkap. Dengan demikian Yesus mengingatkan ‘hendaklah yang mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar’.

Mengenai hal ini, mungkin diri bagi kita sendiri, kita memang bertelinga, namun kita bertelinga lebih banyak untuk mendengarkan hal-hal yang tidak bermanfaat untuk hidup bathin kita. Kita kurang memanfaatkaan telinga untuk mendengarkan Sabda atau Firman. Karena Firman atau Sabda Tuhan yang kita terima itu tidak hanya sebagai sumber inspirasi tetapi juga kita pakai sebagai pegangan hidup kita. Jika berbuat demikian, maka kita akan semakin kaya dalam arti kaya akan kekayaan rohani. Semakin kita mendengar dan melaksanakan ajaran Tuhan, maka kita semakin diperkaya dan terus diperkaya. Oleh karena itulah adalah benar sebagaimana dikatakan oleh Yesus:” Siapa yang mempunyai, akan diberi lagi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun yang ada padanya akan diambil”. Barangkali apa yang disampaikan Yesus ini tidak akan dipahami oleh kita. Masa sih yang kaya makin diperkaya, sementara yang miskin, makin menjadi miskin. Inilah pikiran dunia, seolah Allah itu tidak adil, karena yang kaya makin kaya, sedangkan yang miskin makin miskin lagi. Inilah pikiran yang tidak mengerti akan sabda Tuhan tadi.

“Siapa yang mempunyai , akan diberi lagi, dan siapa yang tidak mempunyai, apa pun yang ada padanya akan diambil”, merupakan pesan iman kepada kita sebagai pengikut Yesus agar kita makin diperkaya dengan Sabda-Nya yang penuh kuasa itu, sehingga kita makin diperkaya dengan iman dan rahmat. Tentu saja siapa yang tidak menerima sabda-Nya atau bahkan menolak sama sekali, maka rahmat itu akan diambil-Nya sama sekali, sehingga ia akan menjadi miskin sama sekali. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada kita semua bahwa membaca Kitab Suci sebagai sumber iman dan sumber inspirasi akan makin memperkaya keimanan dan rahmat kita. Sebagai orang beriman kita harus memupuk atau memperkaya diri dengan sabda atau pengetahuan tentang Yesus.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini. Pada para saudaraku yang merayakan Hari Raya Imlek, ijinkan Kuasa Doa mengucapkan “Gong Xi Pa Cai”. Tuhan memberkati.-***

>Doa,
Bapa yang penuh kasih, aku bersyukur dan berterimakasih kepada-Mu, biarlah Sabda-Mu menjadi pelita bagiku dan terang bagi jalanku dengan pengantaraan Yesus Kristus, Tuhan ku, amin.

Tinggalkan Balasan