translation services

Renungan Kuasa Doa hari Minggu ini diambil dari Injil Yohanes 3:13-17 dengan thema:”Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nya Aku berkenan” (Yoh 3:17). Thema ini diangkat dari kisah Yesus yang dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes.

yesus dibaptis di sungai yordanSebenarnya Yohanes merasa tak layak membaptis Yesus, tetapi Yesus menegaskan agar semuanya itu supaya terjadi. Yesus mengatakan kepadanya:” Biarlah itu supaya terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah”. Akhirnya Yohanes pun membaptis Yesus di sungai Yordan. Sesudah dibapis, Yesus pun keluar dari air, dan waktu itu juga langit terbuka, dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya:”Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan”.

Apa makna perikopa Injil Yohanes hari Minggu ini? Menurut kalender liturgi Gereja, hari Minggu adalah perayaan Pesta Pembaptisan Tuhan. Mengapa Yesus dibaptis? Pembaptisan Tuhan adalah suatu pernyataan (proklamasi) dari Allah bahwa Yesus adalah Anak Allah yang dikasihi, kepada-Nyalah Dia berkenan. Pembaptisan adalah pangkal ke dalam keselamatan, Yesus sebagai manusia ikut serta dalam pembaptisan yang dilakukan oleh Yohanes sebagai bukti bahwa Dia masuk ke dalam kemanusiaan agar manusia mengalami keselamatan. Pembaptisan ini juga ingin menunjukkan bahwa Yesus dibaptis bukan karena berdosa, tetapi suatu penetapan pernyataan dari Bapa di surga bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Melaksanakan kehendak Bapa-Nya, itulah tugas perutusan Yesus ke dunia. Dia mau dibaptis karena taat pada kehendak Bapa-Nya. Kehendak Bapa di surga adalah melaksanakan karya keselamatan dengan menjadi manusia, dengan mengambil bagian dalam kemanusiaan yang lemah dan rapuh karena dosa. Yesus menjadi bagian dari orang berdosa meskipun Ia tidak pernah berdosa. Menjadi bagian dari orang berdosa tentu tidaklah mudah, namun Yesus menunjukkan kepada kita sebagai manusia bahwa Dia memilih menjadi manusia berdosa agar dapat menyelamatkan manusia.

Namun apa yang dilakukan oleh Yesus tidak mudah diterima oleh manusia. Pikiran manusia terbelah. Ada yang mempercayai (mengimani-Nya), ada yang tidak percaya atau bahkan menolak mentah-mentah.

Oleh karena itu, marilah kita dengan rendah hati mohon kepada Tuhan, agar kita dicurahkan rahmat-Nya kepada kita dan menerima Yesus sebagai Juru Selamat. Karena tanpa rahmat kasih-Nya, kita pun tidak akan sampai bahwa Yesus itu sungguh Allah dan sungguh manusia.

Demikian renungan singkat Kuasa Doa hari Minggu, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan