translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diaambil dari Injil Matius 4:12-17, 23-25, dengan thema:”Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat” (Mat 4:17). Thema ini diangkat dari kisah Yesus yang meninggalkan Nazaret kampungnya, dan kemudian pergi ke Galilea, apalagi setelah mendengar bahwa Yohanes Pembaptis ditangkap oleh Herodes. Kemudian Yesus mulai tinggal di Kapernaum, di daerah Zebulon dan Natali. Hal ini supaya genaplah nubuat Nabi Yesaya:”Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang Sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangs lain-suatu bangsa yang diam di dalam kegelapan telah melihat Terang besar, dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut telah melihat Terang. Karena di tempat inilah Yesus Sang Terang ini telah memberitakan tentang kebenaran, jalan, dan damai suka cita. Yesus berkeliling di seluruh Galilea dengan menyerukan pertobatan, katanya:”Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat”. Ia mengajar di rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa. Kehadiran Yesus di daerah Galilea ini telah membuka mata bagi banyak orang bahwa Sang Terang itu telah hadir di antara mereka.

Apa makna Injil Matius hari ini? Setelah Yohanes (Pembaptis) ditangkap oleh raja Herodes Antipas (anak dari raja Herodes Agung), dan bahaya yang mengancam-Nya, maka pelayanan Yesus ke Galilea adalah sesuai dengan nubuat nabi Yesaya (Yes 9:1-2), dan dengan demikian sesuai dengan kehendak Allah.

Kotbah pengajaran Yesus adalah sebuah seruan bertobat:”Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat” (Mat 4:17). Hal ini disampaikan oleh Yesus karena masyarakat di Galilea khususnya di Kapernaum seperti dikisahkan adalah bangsa yang masih tinggal di dalam kegelapan. Kehadiran Yesus Sang Terang akan menyinari hati mereka yang masih tinggal di dalam kegelapan. Selain mewartakan Injil Kerajaan Allah, Yesus juga menyembuhkan semua sakit penyakit, sehingga pewartaan Yesus tersiar ke mana-mana.

Pesan iman dan mora dari perikopa ini antara lain bahwa kedatangan Yesus membawa damai dan pengampunan, sukacita dan juga keselamatan. Ia menghancurkan kepalsuan hidup sebagaimana dialami oleh banyak orang. Pintu masuk kepada keselamatan adalah pertobatan. Pertobatan sebagai pangkal keselamatan dimulai dengan menerima Yesus sebagai Sang Terang. Dengan menerima dan percaya kepada Nama Yesus Kristus, sebagai manusia itu berasal dari Allah, maka ia tinggal di dalam Roh Allah. Sebaliknya roh yang tidak mengakui Yesus tidak berasaal dari Allah, roh ini adalah roh antikristus. Roh antikristus itu akan datang, dan sekarang ini sudah ada di dalam dunia. Roh antikristus itu disemangati dengan roh penyesatan yang berasal dari dunia. Oleh karena itu kita juga diminta untuk mengujinya apakah roh itu berasal dari Roh Allah.

Dalam kehidupan ini selalu terjadi antara peperangan antara kebaikan dan keburukan atau menurut Yohanes antara Roh Kebenaran dan roh yang menyesatkan (1 Yoh. 4:6). Oleh karena itu kita seharusnya mohon pertolongan kepada Yesus, Tuhan kita, untuk selalu dicurahkan Roh-Nya yang kudus, agar tidak disesatkan oleh roh yang menyesatkan, tetapi dipimpin oleh Roh Kebenaran, karena Roh Kebenaran itu berasal dari Roh Allah sendiri.

Bagaimana hidup anda? Apakah anda dipimpin oleh Roh Kebenaran yang berasal dari Allah, atau roh yang menyesatkan yang berasal dari dunia. Anda sendirilah yang menjawabnya.

Demikianlah. Renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***


Doa,
Allah Bapa yang bertahta di dalam surga, curahkanlah Roh-Mu yang kudus agar aku dimampukan untuk percaya kepada Putera-Mu. Jauhkan diriku dari roh yang menyesatkan dan biarlah aku selalu tinggal di dalam Roh Kebenaran. Demi Kristus, Tuhan dan Penyelamatku, amin
.

Tinggalkan Balasan