(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Kuasa Doa:”Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia”.

Posted at 3 January, 2014 by kuasa on category Renungan
translation services

Renungan singkat Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Yohanes 1:29-34 yang bertemakan:”Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia”. Thema ini diangkat dari kisah ketika Yohanes membaptis Yesus di Sungai Yordan. Kemudian Yohanes mengatakan kepada orang banyak:”Dialah yang kumaksud ketika kukatakan ‘Sesudah aku akan datang seorang yang telah mendahului aku, sebab Dia ada sebelum aku. Aku sendiri pun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah akan datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel”. (Yoh 1:30-31).

anak domba allahKemudian kesaksian Yohanes pula:”Aku melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Roh itu tinggal pada-Nya. Aku pun sebenarnya tidak mengenal Dia, tetapi Yang mengutus aku membaptis dengan air telah berfirman ‘Jikalau engkau melihat Roh turun atas seseorang dan tinggal atas-Nya, Dia itulah yang akan membaptis dengan Roh Kudus” (Yoh 1:32-33).

Yohanes (Pembaptis) adalah orang yang pertama kali menggunakan kepada Yesus sebagai “Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia”. Nubuat Yohanes tersebut lahir dari penglihatannya akan Roh Allah yang turun ke atas Yesus. Kesaksian Yohanes sekaligus mengkonfirmasi bahwa Yesus benar-benar Alla (Putera) yang turun ke dunia. Hal ini sekaligus menjadi kesaksian Yohanes bahwa Ia yang lebih tinggi dari padanya, yang di atas-Nya Roh Kudus turun dan yang membaptis dengan Roh, Dia itulah yang dipilih Allah.

Hari ini Yohanes Pembaptis memberi kesaksian tentang Yesus sebagai Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Dari kesaksian Yohanes ini, maka Yesus yang baru saja kita rayakan pada Natal yang lalu,bahwa Ia bukan sekedar utusan Allah saja, tetapi Ia sungguh-sungguh Allah sendiri yang turun dari Kerajaan Surga dan hidup di tengah umat ciptaan-Nya.

“Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia”, merupakan kesaksian Yohanes. Dan kata-kata Yohanes ini menjadi doa liturgis Gereja sebelum kita semua menerima komuni kudus. Doa liturgis Gereja yang merupakan kesaksian Yohanes tetap hidup sampai detik ini dan menjadi saksi dari Yohanes tentang Yesus Kristus.
Pesan iman dan moral dari perikopa ini adalah tentang kesaksian Yohanes tentang Yesus yang dinyatakan sebagai Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Sadar atau tidak sadar bahwa Yang punya kuasa menghapus dosa dunia adalah hanya Allah sendiri. Dan Yesus ini adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang pertama dari segala ciptaan… (Kol 1:15). Untuk menegaskan ayat di atas, Rasul Paulus kepada Jemaat Ibrani mengatakan:” Dialah cahaya kemuliaan Allah dan gambar keberadaan Allah yang sesungguhnya dan menopang segala yang ada dengan Firman-Nya yang penuh kekuasaan “ (Ibr 1:3). Dengan kata lain, kesaksian Yohanes serta surat Rasul Paulus baik kepada Jemaat di Kolose dan Ibrani sangat meneguhkan tentang sosok Yesus yang selalu menjadi tanda pertentangan bagi banyak orang.

Bagaimana anda? Apakah kita juga sudah menjadi saksi-saksi Kristus bahwa Dia sungguh Allah dan sungguh manusia? Andalah yang menjawabnya.

Demikianlah, renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Doa,
Bapa yang kudus dan kekal, curahkan Roh-Mu yang kudus ke dalam hatiku, agar aku juga berani menjadi saksi kebenaran sebagai Yohanes lakukan. Mampukan hidupku untuk mengikuti Putera-Mu Yesus Kristus, Tuhan dan pengantaraku, amin.







UA-43404914-1