(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Kuasa Doa:”Maria mengunjungi Elisabet saudarinya”.

Posted at 21 Desember, 2013 by kuasa on category Renungan
translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Lukas 1:39-45, dengan thema:” Maria mengunjungi Elisabet saudarinya”. Thema ini diangkat dari kisah Maria yang bergegas mengunjungi Elisabet setelah kedatangan Malaikat Gabriel kepadanya. Kunjungan Maria kepada Elisabet ini dimaksudkan untuk menyampaikan khabar sukacita tentang pewartaan maksud dan tujuan kedatangan Malaikat Tuhan kepada dirinya. Elisabet tentu saja sangat girang atas kedatangan saudarinya. Dan nampaknya Elisabet yang dipenuhi Roh Kudus itu berseru kepada Maria, katanya:”Diberkatilah engkau di antara semua wanita, dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu itu sampai ke telingaku, anak yang ada di dalam rahimku menolanjak kegirangan. Sungguh berbahagialah dia yang telah percaya, sebab Firman Tuhan yang dikatakan kepadanya akan terlaksana”.

Maria mengunjungi Elisabet Makna Injil Lukas di atas juga berarti bahwa kunjungan Maria kepada Elisabet telah menjadi berkat kepada keluarga Zakaria dan Elisabet, yang sedang mengandung di usia tuanya. Sapaan Maria sangat menyentuh Elisabet. Dia merasakan kasih karunia Tuhan datang di tengah keluarga itu. Dua sosok wanita itu saling berbagi sukacita sebagai insan beriman yang dikashi Tuhan.

Zakharia diberi janji bahwa anaknya akan penuh dengan Roh Kudus (Luk 1:15). Begitu pula Yesus yang dikandung Maria adalah karena kekuatan Roh Kudus, Roh menjadi dapat menjadi aktif dalam diri orang lain. Yohanes menerima Roh dalam kehadiran Yesus. Ini semua melambangkan kemuliaan Yesus nantinya, yang akan memberikan Roh Kudus kepada semua orang.

Pertemuan Maria dan Elisabet saudarinya adalah perjumpaan dua sosok wanita yang sungguh diberkati oleh Tuhan. Keduanya telah dipersiapkan oleh Tuhan untuk pewartaan kabhar sukacita atas keselamatan umat manusia. Elisabet dan suaminya yang bernama Zakaria seorang imam yang saleh di Bait Allah telah dipersiapkan oleh Allah untuk kedatangan Juru Selamat. Melalui Elisabet dan Zakaria, maka terlahirlah Yohanes Pembaptis, yang dipersiapkan oleh Allah untuk mempertobatkan banyak orang. Sosok Yohanes pun telah dipilih oleh Allah sendiri guna mempersiapkan kedatangan Tuhan. Walau Yesus Mesias lebih tinggi kedudukan-Nya, namun tetap mau merendahkan diri-Nya untuk dibaptis di Sungai Yordan. Di kala itu terdengarlah suara dari langit:” Inilah, Anak-Ku yang Kukasihi, dengarkanlah Dia”. Suara dari langit itu didengarkan oleh orang banyak yang menjadi saksi Siapakah Yesus Mesias yang sesungguhnya.

Sosok Yohanes yang mempersiapkan jalan-Nya Tuhan, telah mempertobatkan banyak orang agar mereka semua takut kepada Allah, dan agar mereka semua bertobat dan kembali kepada Allah sebagai Juru Selamatnya.
Sebentar lagi kita semua akan merayakan Natal. Perayaan ini adalah perayaan rohani, bukan pesta duniawi dengan segala kemegahannya. Tidak! Tidak demikian! Pesta perayaan kelahiran Tuhan terutama dirayakan dengan rasa syukur dan terimakasih, karena Tuhan masih mau merendahkan Diri di antara manusia dengan khabar sukacitanya. Agar orang percaya bahwa Sabda-Nya adalah Firman Kebenaran.

Namun bagaimana pun itu sangat tergantung kepada kita masing-masing. Tuhan telah menyebarkan undangan kepada semua orang, terserah bagaimana menanggapinya undangan tadi. Intinya bagi siapa pun yang berani menanggapi serta melaksanakannya, ia akan selamat, dan yang menolak akan dihukum. Bagaimana bentuk hukuman itu, hanya Tuhan yang tahu. Tetapi sebagai orang beriman, kita harus menanggapi secara positif melalui iman kita.

Bagaimana persiapan kita dalam menyongsong kehadiran Tuhan Juru Selamat kita. Anda sendirilah yang menjawabnya dengan jujur.

Demikianlan renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati***

Doa,
Allah Bapa yang Mahabaik, Engkau telah memilih Maria sebagai Bunda Yesus Mesias, Juru Selamat manusia dan juga Juru Selamatku. Kehadiran Putera-Mu Yesus Mesias sungguh khabar kebenaran, dan damai sukacita bagi banyak orang. Curahkan Roh-Mu yang kudus bagi banyak orang, agar mereka mengimani bahwa Yesus adalah sungguh Allah dan sungguh manusia. Dan melalui Yesus Putera-Mulah, damai sukacita makin dirasakan oleh banyak orang termasuk diriku, amin.







UA-43404914-1