translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Lukas 13:22-30, dengan thema:”Berjuanglah masuk melalui pintu yang sempit itu!”. Thema ini diangkat dari kisah Yesus yang berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa untuk mengajar. Ketika Ia mengajar bertanyalah salah seorang pendengar katanya:”Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan? Atas pertanyaan itu, Yesus menjawab kepadanya:”Berjuanglah masuk melalui pintu yang sempit itu. Banyak orang ingin berusaha masuk, tetapi tidak akan dapat”.

Perikopa Injil Lukas hari ini agak khusus yang tidak ada dalam Injil lain. Ketika seorang pendengar bertanya:”Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?”. Seharusnya jawaban itu singkat saja yakni “sedikit” atau ‘banyak”. Ternyata jawaban Yesus cukup unik. Ternyata bagi Yesus tidak penting apakah banyak atau sedikit orang yang diselamatkan itu adalah urusan Allah. Yang penting adalah bagaimana supaya kelak setiap orang beroleh keselamatan. “Berjuanglah masuk melalui pintu yang sempit itu!” Apa makna sabda Yesus itu? Maknanya antara lain bahwa pintu keselamatan itu terdiri atas beberapa hal antara lain melalui pintu iman akan Yesus. Yang tak kalah pentingnya adalah kesetiaan akan iman dalam Yesus serta berusaha mempertahankan iman itu sampai akhir hayat.

Injil Lukas hari ini sangat spesifik bagaimana memasuki Kerajaan Surga bersama Yesus sangat sulit, banyak sekali hambatannya. Walau banyak orang makan dan minum bersama Yesus, sebagian tidak akan makan bersama dengan Dia. Tetapi akan ada yang lain, yang tidak pernah mengenal Dia, sementara Ia berkarya di Israel. Injil akan ditawarkan kepada bangsa-bangsa kafir. Mereka akan berdatangan dari seluruh dunia dan memasuki Kerajaan Allah.

“Berjuanglah masuk melalui pintu sempit” yang merupakan thema hari ini, menggambarkan betapa sulitnya untuk memasuki Kerajaan Allah. Pintu yang sempit mengindikasikan betapa sulitnya mengikuti Yesus. Ada begitu banyak hambatan yang menghadang dalam mengikuti Yesus. Hambatan yang utama adalah tawaran dunia yang begitu hebat dan mengasyikan banyak orang sehingga banyak orang terlupa bahwa suatu saat kita akan mengkhiri peziarahan di dunia ini. Banyak orang begitu sibuk berburu harta duniawi sehingga tak terpikirkan lagi bahwa suatu saat kita semua akan dipanggil Yang Mahakuasa. Ada juga yang mendengar ajaran Yesus, tetapi tidak pernah melakukannya, maka orang-orang seperti ini tidak layak pula untuk memasuki Kerajaan Surga.

Pesan iman dan moral dari Injil Lukas hari ini antara lain bahwa untuk memasuki Kerajaan Allah, tidak otomatis, tetapi harus diperjuangkan. Pintu perjuangan itu antara lain “pintu iman” akan Yesus sebagai jalan, kebenaran dan hidup. Inilah pintu yang paling utama. Kemudian pintu iman itu dipelihara dan dijaga serta dipraktekkan dalam hidupnya. Jika tidak, maka jangan disalahkan, apabila Yesus mengatakan:” Sori, Aku tidak mengenal kalian, karena kalian jahat”.

Bagaimana dengan anda? Apakah sudah berjuang untuk melalui jalan yang sempit itu? Andalah yang menjawabnya.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Doa,

Bapa di surga, mampukan diriku untuk berjuang masuk melalui jalan yang sempit itu. Tambahkan imanku tentang diri-Mu melalui Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantaraku, amin.

Tinggalkan Balasan