Kuasa Doa:” Tiga Tugas Utama Yesus: Berdoa, Mengajar dan Melayani”

Kuasa Doa hari ini merenungkan Injil Lukas 6:12-19, dengan thema:”Tiga tugas utama Yesus : berdoa, mengajar dan melayani“. Thema ini diangkat dari kisah Yesus yang menyendiri sebelum berkarya di muka umum, mengajar orang banyak, serta melayani penyembuhan bagi orang banyak.
Seluruh karya Yesus barangkali dapat digolongkan ke dalam tiga tugas utama itu yakni berdoa, mengajar dan melayani.

Berdoa

Jikalau kita memperhatikan dengan baik, Yesus sering menyendiri untuk berdoa. Bahkan dalam Injil Lukas hari ini Yesus berdoa semalam-malaman. Jadi Yesus berdoa kepada Bapa-Nya dalam kurun waktu yang cukup lama. Mengapa? Ia harus memilih dan menetapkan ke-12 rasul-Nya untuk menjadi saksi pengajaran-Nya sekaligus untuk meneruskan ajaran-Nya.

Mengapa Yesus berdoa? Bukankah Ia adalah Allah? Apa yang diperbuat oleh Yesus adalah bentuk keteladanan bagi mereka yang mau mengikuti-Nya.

Berdoa menjadi sangat penting guna menimba kekuatan dari Allah. Dalam kondisi yang genting, berdoa mohon pertolongan Tuhan menjadi sangat penting.

Mengajar

Yesus sebagai Guru khususnya bagi para murid-Nya wajib memberikan tugas pengajaran. Pengajaran ini tidak hanya bersifat imani tetapi juga bersifat moral. Oleh karena itu, sifat ajaran Yesus sangat mengikat. Tugas pengajaran itu diteruskan oleh para rasul, dan kini diteruskan oleh Gereja-Nya yang satu, kudus,katolik dan apostolik.

Melayani.

Tugas Yesus yang ketiga adalah untuk melayani orang banyak di antaranya adalah menyembuhkan sakit penyakit, membebaskan roh-roh jahat, bahkan membangkitkan orang mati.

Itulah sejumlah tugas utama Yesus selama di dunia. Yesus mengundang banyak orang, tapi tidak semua orang menanggapi undangan itu. Banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.

Bagaimana diri kita? Apakah kita ini termasuk yang dipilih? Jika menjawab “ya”, otomatis menjadi murid Yesus yang juga bertugas untuk mewartakan ajaran Kristus yakni hukum kasih. Jika menjawab “tidak”, otomatis tidak harus menjalani permuridan.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa melalui http://kuasadoa.com, Tuhan memberkati.

Doa,

Allah yang mahabaik, syukur dan terimakasih ya Bapa, karena Engkau telah memberikan keteladanan dalam berdoa, mengajar dan melayani melalui Yesus Kristus, Tuhan dan pengantaraku, amin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.